Pembelajaran Open Source di Sekolah

P

Dewasa ini teknologi komputer sangat pesat. Fenomena itu ditanggapai oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Kemendiknas RI) dengan memasukkan Mata pelajaran wajib yaitu Tekonologi Informasi dan Komunikasi ( TIK).

Namun di sisi lain, kurikulum TIK  yang diberikan kepada sekolah masih mengacu kepada satu Operating sistem yang berbayar. Belum lagi buku mata pelajaran yang beredar di pasaran mayoritas masih mengacu kepada OS Windows. Hanya sedikit sekali buku yang mengacu kepada Open Source ( contoh yang dikarang oleh Onno W Purbo dkk).

Pembelajaran TIK di sekolah juga menemui kendala dari pihak pimpinan sekolah. Kepala sekolah akan heran jika guru TIK mengacu kepada Sistem Operasi Open Source, seperti Ubuntu, Linux Mint dan lain-lain. Ditambah lagi, siswa yang kebetulan punya komputer / laptop di rumahnya, 99,99 % OS nya Windows. Mereka akan protes, sebab apa yang selama ini dia gunakan berbeda dengan yang diajarkan di sekolah.

Padahal sebenarnya, di negara-negara eropa, pembelajaran TIK mereka tidak mengacu kepada OS tertentu. Sebab apabila kita hanya bergantung pada satu OS saja, maka devisa negara akan disedot oleh Microsoft. Belum lagi OS Windows tersebut sifatnya tertutup, sehingga kita tidak bisa melihat kode programnya. Beda dengan Linux misalnya, kode program itu bisa di lihat, di ubah dan ditambah. Hal ini berdampak positif bagi siswa, sebab mereka akan berkreatifitas dan berinovasi. Olehnya itu ke depan seharusnya pemerintah dalam hal ini Kemendiknas harus membuat kurikulum TIK yang berbasis Open Source, lalu melatih guru untuk menggunakan Open Source (Linux ) tersebut.

1294792331636616400

Jika pembelajaran berbasis Open Source marak di sekolah, maka akan muncul SDM indonesia yang sanggup bersaing dengan negara lain. Belum lagi devisa negara yang tidak keluar, karena OS Open Source (contohnya Distro Ubuntu) gratis. Uang tersebut bisa dipakai untuk melatih guru-guru menggunakan Sistem Operasi Terbuka. Betapa indahnya dunia pendidikan Indonesia jika menggunakan sistem operasi terbuka  ( Open Source ).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: