Flashdisk tak terbaca

2 hari yang lalu, netbook adik saya error lagi karena diserang virus ( maklum menggunakan OS windows ). Padahal baru 1 bulan lalu, juga saya install ulang dan antivirus avg 2011 yang ter update setiap hari. Jadi saya sarankan sama dia, agar di install saja linux ubuntu 10.10 ( soalnya banyak waktu yang terbuang kalau begini terus ). Dia setuju, lalu dimulailah proses instalasi ubuntu 10.10 via flashdisk. 1 kali install, semua program berjalan dengan mulus.

Dia pun pulang ke kostnya ( maklum mahasiswa ) dengan hati yang gembira. Tiba-tiba besoknya Hp saya berdering, di dalam hati saya bertanya ada apa lagi ini. Dia menginformasikan bahwa netbooknya tidak dapat membaca flashdisk ( what’s wrong ). Esoknya saya oprek netbooknya, bertanya ke mbah google namun tidak ketemu jawabannya. Lalu bertanyalah gua ke milis lugu@yahoogroups.com. Ada salah seorang anggota milis lugu yang memberikan solusinya. Caranya seperti di bawah ini :

buka terminal lalu ketik :

1. sudo fdisk -l

Jika flashdisknya terdeteksi, maka lanjutkan dengan perintah

# sudo mkdir /media/fd

# sudo mount /dev/sdb1 /media/fd

Setelah perintah di atas di eksekusi, maka flashdisk anda otomatis akan terbaca. Semoga bermanfaat !

Gambar flashdisk yang sudah terbaca

Tinggalkan Balasan

