Apa Manfaatnya Ngeblog ?

Beberapa waktu yang lalu, saya ditanya oleh salah seorang siswa yang sedang praktikum di Lab. Komputer. Dia berkata ” Pak, apa manfaatnya orang ngeblog ” . Dengan senyum saya menjawab ” ngeblog itu sangat banyak manfaatnya, diantaranya melatih seseorang untuk menuangkan ide-idenya ke dalam sebuah tulisan “. Dia pun bertanya kembali ” kenapa tulisan itu tidak di kirim saja ke penerbit surat kabar ! ” . Lalu saya jawab ” jika kita mengirim tulisan ke penerbit surat kabar, maka ada peluang tulisan kita tidak diterbitkan. Sedang jika diposting di blog, detik itu pula karya kita dapat dinikmati oleh pembaca ” .

Kisah di atas merupakan peristiwa yang terjadi sewaktu saya mengajarkan cara membuat blog dan teknik-teknik memposting tulisan di blog mereka masing-masing. Membuat blog tidak dimuat di kurikulum, tapi sebagai pengajar TIK melihat manfaat blog itu sangat banyak. Salah satu alumni yang pernah diajar cara membuat blog pernah datang ke sekolah dan berucap ” terima kasih pak, atas pengetahuan yang bapak berikan mengenai blog. Manfaat blog sangat luar biasa”.

Itulah sekelumit cerita manfaat blog bagi siswa, walaupun di kurikulum tidak dicantumkan. Kadangkala saya istilahkan kurikulum buatan sendiri bermerk  ” kurikulum kehidupan ” .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: