Back to Kampus

Tak terasa sudah sepuluh tahun yang lalu saya meninggalkan kampus Universitas Negeri Makassar ( UNM) untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di lapangan ( sekolah ). Namun hari ini, minggu tanggal 12 Juni 2011 saya kembali ke kampus untuk menimba ilmu ! Banyak diantara teman dan kawan seperjuangan angkatan 95 bersua kembali. Mereka berasal dari berbagai macam daerah, misalnya sorong, Toraja, Majene, gorontalo, kalimantan dan lain-lain. Rata-rata mereka berprofesi seperti saya yaitu guru. Ada yang mengajar di SD, SMP, SMK dan Perguruan tinggi Swasta. Hari ini, kuliah perdana ( matrikulasi umum) PPs UNM dilaksanakan lantai 5 Gedung PPs UNM yang baru. Walaupun untuk naik ke lantai 5 harus ngos-ngosan, sebab belum ada tangga lift. Para petinggi UNM, mulai dari PR.1, Direktur PPs, Asdir 1 dan Asdir 2, serta Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi, Sosiologi, Sejarah, PKLH, Geografi hadir pada kuliah ini. Materi pertama dibawakan oleh Prof. Dr. Suradi, MS ( Asiten Direktur 1 PPs UNM ) mempresentasikan tentang Visi, Misi, tujuan serta kebijakan akademik di PPs UNM. Selanjutnya materi kedua dibawakan oleh Prof. Sofyan Salam, MA, P.hD ( PR. 1 UNM ) membawakan selayang pandang UNM dulu, sekarang dan yang akan datang. Presentasi beliau sangat bagus mengenai gedung Phinisi yang Insya Allah akan difungsikan tahun 2011. Juga tentang gedung baru di Fakultas MIPA dan Fakultas Ekonomi yang sudah ditanda tangani kontrak awalnya. Beliau bercita-cita, gedung di UNM jauh lebih baik dari Hotel Clarion Makassar ( kebetulan gedung PPs bersebelahan dengan hotel Clarion ).Beliau sempat bercanda, ” dimana itu UNM ? disebelah Hotel Clarion”, ke depan orang akan bertanya ” dimana itu Hotel Clarion ? di sebelah UNM “.

Selanjutnya materi ketiga diisi oleh Prof. Dr. H. Heri Tahir, SH, MH. Dalam pemaparannya, beliau membahas tentang fasilitas dan akomodasi yang dimiliki oleh PPs UNM sekarang ini. Dan presentasi terakhir dibawakan langsung Prof. Dr. Jasruddin, M. Si ( Direktur PPs UNM) , mengenai apa, bagaimana dan cara mahasiswa selesai tepat waktu di program PPs UNM. Prof. Jasruddin mengatakan ” kalau mahasiswa S1 yang mencari dosen pembimbingnya, maka di S2 justru dosen pembimbing yang mencari mahasiswa bimbingannya”.

1307870154561558621

Di akhir kuliah perdana ini, panitia menyiapkan kue dan air mineral yang dikemas dalam dos ( kalau tiap hari begini, aku mau rajin kuliah … hehehehe ). Dan kami akan berjumpa lagi di awal kuliah matrikulasi khusus masing-masing program studi. Semoga guru yang kembali ke kampus untuk menimba ilmu, menjadi lebih baik lagi dalam transfer ilmu kepada anak didiknya !

13078703992093155945

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: